LifestyleNews

Perayaan Hari Raya Kuningan 2023 : Upacara di Pura hingga Memasang Penjor

2
×

Perayaan Hari Raya Kuningan 2023 : Upacara di Pura hingga Memasang Penjor

Sebarkan artikel ini
Perayaan Hari Raya Kuningan 2023 (Freepik)
Perayaan Hari Raya Kuningan 2023 (Freepik)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengenai perayaan Hari Raya Kuningan 12 Agustus 2023, dari upacara di pura hingga memasang penjor.

Salah satu perayaan penting dalam kalender agama Hindu di Bali adalah Hari Raya Kuningan. Pada tahun 2023, perayaan Hari Raya Kuningan jatuh pada tanggal 12 Agustus 2023. Melalui perayaan ini, masyarakat Bali merayakan hubungan mereka dengan roh leluhur dan alam semesta.

Hari Raya Kuningan merujuk pada perayaan yang jatuh sepuluh hari setelah Galungan, perayaan yang menandai kemenangan kebaikan atas kejahatan dalam tradisi Hindu Bali. Kedua perayaan ini berinteraksi dan menciptakan alur spiritual yang kuat. Kuningan mengambil namanya dari warna kuning, yang dalam konteks ini melambangkan kesucian dan kesejahteraan.

Salah satu pesan kunci dalam perayaan Kuningan adalah pentingnya keseimbangan. Dalam ajaran Hindu Bali, dunia dikelola oleh kekuatan alam semesta yang saling berhubungan, termasuk roh leluhur. Kuningan mengajarkan bahwa keseimbangan antara dunia materi dan spiritual, serta koneksi dengan alam dan leluhur, sangat penting untuk keharmonisan kehidupan.

Perayaan Hari Raya Kuningan meliputi beberapa hal seperti berikut ini :

  • Penyajian Persembahan

Pada Hari Raya Kuningan, masyarakat Bali secara khusus menyajikan persembahan kepada roh leluhur. Makanan-makanan yang disiapkan dianggap sebagai simbol penghormatan dan rasa syukur kepada leluhur atas berkah yang mereka berikan. Ritual ini juga merupakan cara untuk mengingat dan mengenang jasa-jasa leluhur dalam menjaga keselarasan dunia.

  • Upacara di Pura

Upacara di pura, atau tempat ibadah Hindu, merupakan bagian integral dari perayaan Kuningan. Masyarakat Bali berkumpul untuk berdoa, bersembahyang, dan memohon berkah dari dewa-dewi. Pura menjadi titik fokus spiritual dan komunal, di mana nilai-nilai kebersamaan dan koneksi dengan yang lebih tinggi ditekankan.

  • Simbolisme Penjor

Salah satu aspek visual yang mencolok dalam perayaan Kuningan adalah “penjor”. Penjor adalah tiang hias yang terbuat dari janur dengan berbagai hiasan seperti daun kelapa, bunga, dan nasi kuning. Penjor melambangkan pohon kehidupan dan kesuburan. Pemasangan penjor di depan rumah juga menjadi cara untuk memohon berkah dan perlindungan dari dewa-dewi.