Edukasi

Perbedaan OSN-K dan OSN-P, Ruang Lingkup hingga Ketentuan Pelaksanaan

119
×

Perbedaan OSN-K dan OSN-P, Ruang Lingkup hingga Ketentuan Pelaksanaan

Sebarkan artikel ini
Perbedaan OSN-K dan OSN-P (Amazenesia/Freepik)
Perbedaan OSN-K dan OSN-P (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai perbedaan OSN-K dan OSN-P, dari ruang lingkup hingga ketentuan pelaksanaan.

OSN atau Olimpiade Sains Nasional merupakan salah satu kompetisi sains yang telah menempatkan Indonesia pada posisi yang kompetitif pada berbagai ajang internasional bergengsi. OSN menjadi wadah bagi para peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan teknologi sehingga dapat mencapai puncak potensi terbaik yang dimiliki.

Diselenggarakan dalam berbagai jenjang, mulai dari SD/MI/sederajat, SMP/MTs/sederajat hingga SMA/MA/sederajat, OSN diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka pemerataan prestasi serta memaksimalkan potensi peserta didik yang memiliki talenta dan karakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ajang OSN diselenggarakan berdasarkan pada asas-asas dalam kerangka pembangunan pendidikan Nasional, menjadi bagian dari gerakan perubahan menuju kemajuan, menjadi wadah bagi aktualisasi prestasi talenta peserta didik dalam semangat berkompetisi serta terbuka bagi peserta didik dari semua jenjang dan jenis satuan Pendidikan.

Menggunakan prinsip Inclusive, Growth, Participative dan Sustain, penyelenggaraan OSN dilakukan secara berjenjang yaitu mulai dari tingkat satuan Pendidikan, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional.

Adanya tingkatan tersebut, seringkali memunculkan pertanyaan mengenai perbedaan masing-masing tingkatan seperti perbedaan OSN-K dan OSN-P. Berikut perbedaannya:

Ruang Lingkup OSN-K dan OSN-P

OSN-K atau Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota adalah kompetisi sains yang diselenggarakan di tingkat kabupaten/kota.

Sementara itu, OSN-P atau Olimpiade Sains Nasional tingkat Provinsi adalah kompetisi sains yang diselenggarakan di tingkat provinsi.

Penyelenggara OSN-K dan OSN-P

Penyelenggara dari OSN-K adalah masing-masing cabang dinas pendidikan provinsi yang bekerja sama dengan satuan Pendidikan setempat, MKKS/MGMP dan berbagai pihak lain yang kompeten serta dapat membantu penyesiaan sumberdaya.