News

Sejarah dan Bentuk Peringatan Bulan K3 Nasional 2024

18
×

Sejarah dan Bentuk Peringatan Bulan K3 Nasional 2024

Sebarkan artikel ini
Peringatan Bulan K3 Nasional 2024 (Amazenesia/Freepik)
Peringatan Bulan K3 Nasional 2024 (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai Bulan K3 Nasional 2024 berupa Sejarah dan Bentuk Peringatan

K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan suatu upaya yang dilakukan dari pengusaha dan karyawan dalam rangka bekerja sama, saling pengertian serta berpartisipasi dalam pelaksanaan tugas dan kewajiban bersama dibidang keselamatan, kesehatan dan keamanan kerja untuk mencapai produktivitas dalam bekerja.

Adanya K3 ini diharapkan dapat menciptakan suasana tempat kerja yang aman dan sehat, meliputi pribadi karyawan, konsumen serta pengunjung dari suatu lokasi kerja sehingga secara tidak langsung hal ini dapat mengurangi atau meminimalisir adanya kecelakaan kerja serta penyakit tertentu akibat pekerjaan.

K3 yang merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja menjadi salah satu aspek penting dalam perlindungan ketenagakerjaan. Upaya yang dilakukan melalui perlindungan K3 adalah dengan melakukan upaya-upaya pengendalian semua bentuk potensi bahaya yang terdapat di lingkungan tempat kerja.

Sejarah Bulan K3

Penetapan hari K3 ini didasarkan pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor: Kep-245/Men/1990, tentang Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional.

Namun, sebelumnya terdapat sejarah yang melatarbelakangi peringatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, yaitu berawal dari kehadiran Belanda pada era ke-17 yang membentuk perundang-undangan tentang Ketep Uap tahun 1853.Kemudian, pada tahun 1890 dikeluarkanlah ketentuan mengenai pemasangan serta penggunaan jaringan Listrik di Indonesia dikarenakan jumlah ketel uap yang semakin bertambah.

Tidak berhenti disitu, tahun 1907 kembali ditetapkan peraturan mengenai pengangkutan obat, senjata, petasan hingga peluru yang dinilai berdampak pada keselamatan kerja. Pada tahun 1916, Undang-Undang Pengawasan Kerja atau K3 kembali dikeluarkan oleh pemerintahan Hindia Belanda, hingga didirikannya Instansi Kesehatan serta Keselamatan Kerja pada tahun 1957.

Keseriusan mengenai keselamatan kerja ini juga ditandai dengan berdirinya organisasi Higiene Perusahaan, Kesehatan serta Keselamatan Kerja serta laboratorium keselamatan kerja pada tahun 1969.