News

Sejarah dan Tujuan Hari Sukarelawan Internasional 2023

1
×

Sejarah dan Tujuan Hari Sukarelawan Internasional 2023

Sebarkan artikel ini
Sejarah dan Tujuan Hari Sukarelawan Internasional 2023 (Amazenesia/Freepik)
Sejarah dan Tujuan Hari Sukarelawan Internasional 2023 (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai Sejarah dan Tujuan Hari Sukarelawan Internasional 2023.

Hari Sukarelawan Internasional diperingati pada tanggal 5 Desember setiap tahunnya, dalam rangka mengapresiasi tindakan kemanusiaan yang dilakukan oleh para sukarelawan.

Tema yang diangkat pada peringatan Hari Sukarelawan Internasional tahun 2023 adalah The power of collective action: If everyone did, yang memiliki makna jika semua orang menjadi sukarelawan, maka dunia akan menjadi tempat yang lebih baik.

Sejarah Hari Sukarelawan Internasional

Pada tahun 1971, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendirikan United Nations Volunteers (UNV) atau Relawan Perserikatan Bangsa-Bangsa. UNV adalah program yang mempromosikan peran sukarelawan dalam pembangunan yang dijalankan oleh PBB.

Program ini memiliki sejumlah kriteria yang harus dipenuhi oleh calon sukarelawan, termasuk usia, kemampuan berbahasa, tingkat pendidikan, dan penempatan kerja. Menurut situs resmi PBB, Hari Sukarelawan Internasional ditetapkan sebagai peringatan internasional oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1985.

Peringatan dirayakan oleh banyak organisasi non-pemerintah, masyarakat sipil, dan sektor swasta di seluruh dunia. Hari Sukarelawan Internasional (IVD) memberikan kesempatan kepada individu, komunitas, dan organisasi sukarelawan untuk mempromosikan kontribusi mereka dalam pembangunan di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Tujuan Hari Sukarelawan Internasional

Tujuan peringatan Hari Sukarelawan Internasional untuk Pembangunan Ekonomi dan Sosial yang diresmikan oleh Majelis Umum PBB melalui Resolusi A/RES/40/212 pada tanggal 17 Desember 1985. Pada hari ini, pemerintah di seluruh dunia diundang untuk memperingati Hari Sukarelawan Internasional untuk Pembangunan Ekonomi dan Sosial yang jatuh pada tanggal 5 Desember.

Selain itu, tanggal 5 Desember juga dijadikan kesempatan untuk mempromosikan kontribusi sukarelawan dalam pembangunan di tingkat lokal, nasional, dan internasional serta menjadi momen di mana masyarakat dan organisasi yang melibatkan sukarelawan dapat bekerja sama dengan pemerintah, lembaga non-pemerintah, kelompok masyarakat, akademisi, dan sektor swasta.