Health

Sering Diabaikan! Ini Manfaat hingga Langkah Melakukan Stretching dan Cooling Down dengan Efektif

3
×

Sering Diabaikan! Ini Manfaat hingga Langkah Melakukan Stretching dan Cooling Down dengan Efektif

Sebarkan artikel ini
Manfaat hingga Langkah Melakukan Stretching dan Cooling Down dengan Efektif (Freepik)
Manfaat hingga Langkah Melakukan Stretching dan Cooling Down dengan Efektif (Freepik)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengenai manfaat hingga langkah melakukan stretching dan cooling down dengan efektif

Setelah melakukan aktivitas fisik, seperti latihan atau olahraga, melakukan stretching dan cooling down adalah bagian penting dari rutinitas yang sering diabaikan oleh banyak orang.

Stretching melibatkan peregangan otot-otot yang telah bekerja keras, sedangkan cooling down melibatkan penurunan intensitas aktivitas secara bertahap.

Streching dapat membantu dalam meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak otot. Ini dapat membantu mencegah cedera saatkamu melakukan gerakan yang ekstensif.

Streching juga berperan dalam pemulihan otot, karena setelah bekerja keras, otot-otot cenderung mengalami kekakuan dan ketegangan. Stretching membantu merilekskan otot-otot dan memfasilitasi pemulihan yang lebih cepat.

Selain itu stretching juga membantu dalam peningkatan performa berupa fleksibilitas yang baik, karena otot yang fleksibel memungkinkan gerakan yang lebih efisien dan efektif.

Lalu bagaimana dengan cooling down ?

Cooling down berperan dalam penurunan denyut jantung dan pernapasan dikarenakan cooling down merupakan tahapan yang melibatkan penurunan intensitas aktivitas secara bertahap. Hal ini akan membantu jantung dan pernapasan kembali ke keadaan normal secara perlahan.

Selanjutnya , cooling down juga dapat mengurangi resiko pusing dan pingsan dikarenakan saat berhenti aktivitas secara tiba-tiba, darah yang sebelumnya mengalir ke otot-otot mungkin tetap berada di sana, menyebabkan pusing atau bahkan pingsan.

Terakhir, cooling down berperan dalam dalam pemulihan yang lebih baik yaitu dengan cara membantu tubuh mengalihkan dari tahap aktivitas ke tahap istirahat dengan lebih lancar. Ini membantu tubuh pulih dengan lebih baik dan mengurangi kekakuan otot.

Setelah mengetahui manfaat stretching dan cooling down terhadap tubuh, berikut langkah-langkah dalam melakukan stretching dan cooling down yang efektif :

Langkah Melakukan Stretching

  • Peregangan Ringan

Lakukan peregangan ringan seperti mengayun lengan, menggerakkan kepala, dan memutar pergelangan kaki untuk mempersiapkan tubuhkamu untuk peregangan yang lebih intens.