News

Siap-siap Long Weekend! Berikut Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama Desember 2023

4
×

Siap-siap Long Weekend! Berikut Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama Desember 2023

Sebarkan artikel ini
Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional bulan Desember 2023 (Amazenesiaa/Freepik)
Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional bulan Desember 2023 (Amazenesiaa/Freepik)

Amazenesia.com- Berikut Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama Desember 2023. Catat tanggalnya!

Memasuki bulan Desember, momen libur akhir tahun akan segera tiba. Bulan Desember yang menjadi penghujung setiap tahunnya selalu menyediakan momen hangat kebersamaan keluarga. Selain perayaan hari raya Natal dan peringatan tahun baru, Desember juga identik dengan hari libur anak sekolah.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, hari raya Natal menjadi salah satu libur Nasional sepanjang tahun 2023. Hari raya natal menjadi salah satu momen yang tepat untuk menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga tercinta.

Terkait hari libur Nasional dan Cuti Bersama di bulan Desember 2023, diketahui sebelumnya pada bulan Juni 2023 lalu yang bertepatan dengan Hari libur merayakan Idul Adha, terjadi perubahan penetapan cuti bersama yang ditambahkan 1 hari setelah Hari Raya Idul Adha.

Perubahan penetapan Cuti Bersama dan Hari Libur Nasional tersebut tertuang dalam lampiran Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Inodnesia atau yang dikenal dengan SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023.

SKB 3 Menteri tersebut ditetapkan pada tanggal 16 Juni 2023, ditandatangani oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah dan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Namun, adanya perubahan pada SKB 3 Menteri, tidak banyak berpengaruh pada daftar hari libur Nasional dan cuti Bersama di bulan Desember 2023. Berdasarkan isi SKB 3 Menteri tersebut, Hari Raya Natal jatuh pada Senin, 25 Desember 2023. Sementara itu, cuti Bersama Natal jatuh pada Selasa, 26 Desember 2023.

Momen Hari Raya Natal dan cuti Bersama yang jatuh pada hari Senin dan Selasa, tentunya menguntungkan bagi para pekerja yang bekerja pada hari Senin-Jumat dan libur di hari Sabtu dan Minggu. Itu artinya, para pekerja akan mendapatkan momen long weekend pada hari Sabtu hingga Selasa yang jika ditotalkan menjadi 4 hari libur.