Edukasi

Tanya Jawab Psikologi Abnormal : Bagaimana Kita Mendefinisikan Perilaku Abnormal?

3
×

Tanya Jawab Psikologi Abnormal : Bagaimana Kita Mendefinisikan Perilaku Abnormal?

Sebarkan artikel ini
Tanya Jawab Psikologi Abnormal (Freepik)
Tanya Jawab Psikologi Abnormal (Freepik)

Amazenesia.com – Berikut tanya jawab mengenai psikologi abnormal tentang bagaimana kita mendefinisikan perilaku abnormal ? Simak Yuk!

Psikologi abnormal merupakan salah satu cabang ilmu psikologi yang mempelajari tentang gangguan psikologis atau gangguan mental beserta dengan solusi dalam menanganinya.

Gangguan psikologis atau gangguan mental dalam lingkup kehidupan masyarakat masih menjadi hal yang dianggap tidak terlalu penting untuk dibicarakan lebih jauh.

Padahal, jika ganggguan psikologis atau gangguan mental tersebut tidak dicari penyelesaiannya, dapat menimbulkan permasalahan-permasalahan lain di berbagai aspek kehidupan.

Maka pada artikel ini akan membahas seputar tanya jawab psikologi abnormal mengenai “Bagaimana kita mendefinisikan perilaku abnormal?” Berikut uraiannya!

Kriteria apa yang digunakan oleh ahli kesehatan mental untuk menentukan bahwa perilaku tertentu adalah abnormal?

Pada umumnya, para psikolog mempertimbangkan suatu perilaku adalah abnormal jika memenuhi kombinasi dari kriteria berikut, diantaranya (1) tidak biasa atau secara statistic jarang terjadi ; (2) tidak dapat diterima secara sosial atau menyimpang dari norma sosial ; (3) adanya kesalahan persepsi atau salah interpretasi terhadap realitas ; (4) berhubungan dengan kondisi distress personal yang parah ; (5) maladaptif atau self defeating atau (6) berbahaya.

Apa itu gangguan psikologis?

Gangguan psikologis, disebut juga gangguan mental meliputi pola-pola perilaku abnormal yang berhubungan dengan gangguan dalam kesehatan mental atau fungsi psikologis.

Bagaimana pandangan mengenai perilaku abnormal dapat bervariasi antarbudaya?

Perilaku yang dianggap normal pada satu budaya dapat dianggap normal di budaya lain. Konsep sehat dan sakit dapat pula memiliki arti berbeda dalam budaya yang berbeda. Pola perilaku abnormal juga memiliki bentuk yang berbeda dalam budaya berbeda, dan pandangan atau model-model yang menjelaskan perilaku abnormal yang juga bervariasi antarbudaya.

Bagaimana pandangan tentang perilaku abnormal telah berubah sepanjang waktu?